5 Cara Alami Mencegah Ruangan Menjadi Lembab dan Dingin

Hindari tinggal di ruangan yang lembab dan dingin jangan sampai jamur tumbuh pada dinding. Kelembaban akan memicu tumbuhnya jamur tidak hanya pada dinding saja tetapi juga furnitur. Jika kelembaban tidak segera dihilangkan maka akan banyak pengaruh buruk yang  muncul selain jamur.

5 Cara Alami Mencegah Ruangan Menjadi Lembab dan Dingin

Ruangan yang paling penting untuk diatasi kelembabannya sejak awal adalah kamar. Ruang untuk istirahat ini paling sering tidak diperhatikan oleh pemilik rumah. Padahal kamar seringkali digunakan pada malam hari untuk beristirahat. Jika kelembaban tidak segera diatasi bisa mengakibatkan beberapa penyakit dalam jangka panjang.

Anda mungkin saja telah membeli di tempat jual wallpaper korea yang mahal dan mendekorasi ruangan dengan motif wallpaper yang unik dan lucu. Efek buruk akan muncul ketika kelembaban akhirnya merusak motif indah dan mahal tersebut dengan jamur. Akhirnya Anda terpaksa membeli wallpaper baru dan menggantinya.

Jadi coba bayangkan saja, berapa banyak uang yang harus dikeluarkan lagi karena tidak memperhatikan tingkat kelembaban yang berbahaya ini? Inilah salah satu gambaran yang akan terjadi apabila Anda tidak segera bertindak mengatasi kelembaban.

Trik Mudah untuk Mencegah Kelembaban Ruangan

Memikirkan cara untuk mencegah kelembaban tidaklah sulit. Anda bisa menggunakan berbagai bahan alami yang mudah didapatkan. Ditambah lagi jika Anda juga membeli pelapis dinding di tempat jual wallpaper korea seperti Greenwall.co.id yang tahan terhadap kelembaban. Saat ini sudah banyak wallpaper yang tahan air sama seperti cat dinding.

Cara mencegah kelembaban pada dinding dengan wallpaper anti air ini akan membuat jamur tidak mudah tumbuh. Harga wallpaper korea yang lebih tahan air juga tidak mahal, ditambah kini sudah lebih banyak pilihan motifnya. Selanjutnya Anda bisa menggunakan beberapa trik berikut ini untuk mencegah kelembaban.

  • Membuat sinar matahari masuk.

sinar matahari di ruangan

Ruangan yang lembab dan dingin penyebab utamanya adalah tidak memiliki cahaya matahari. Lampu saja tidak cukup untuk menerangi ruangan dan membuatnya terus menerus hangat. Masuknya cahaya matahari ke dalam ruangan akan membuat ruang semakin hangat. Oleh karena itu dengan cepat mengusir kelembaban dan udara dingin.

  • Menciptakan ventilasi udara.

Cahaya matahari bisa saja masuk, tapi jangan lupa untuk rajin membuka jendela setiap pagi. Pada saat sore hari sebaiknya ditutup untuk mencegah udara dingin yang membawa kelembaban masuk. Udara pagi akan membawa kehangatan dengan bantuan cahaya matahari. Sirkulasi udara yang baik melalui ventilasi akan sangat membantu pergantian udara lembab saat malam keluar dan digantikan dengan yang baru.

Baca juga: METODE PEMASANGAN GLASSBOARD PALING MUDAH

  • Mengurangi banyak furnitur.

Anda mungkin suka sekali dengan furnitur bergaya klasik yang berukuran besar. Hal ini boleh saja, tapi ingat sebuah ruangan yang baik tidak boleh memiliki terlalu banyak mebel. Hindari meletakan mebel berlebihan membuat ruangan penuh dan sesak. Kelembaban akan terjebak di dalam ruangan dan membuat udara menjadi lebih apek. Artinya banyak jamur yang mudah tumbuh, apalagi jika peletakan furnitur berdekatan dengan dinding.

  • Manfaatkan bahan penyerap lembab.

Ada banyak sekali penyerap kelembaban alami yang bisa digunakan seperti arang, garam hingga produk serap lembab khusus. Anda bisa meletakan bahan tersebut di setiap sudut ruangan dan rajin menggantinya. Bahan tersebut sangat efektif untuk menyerap kelembaban dan menghilangkan udara dingin.

  • Memperbaiki jika terjadi kebocoran.

Kelembaban tidak hanya terjadi karena udara saja. Bisa saja terjadi karena ruang kamar yang berdekatan dengan kamar mandi, ditambah pipa yang bocor. Selidiki bagian mana saja pipa yang bocor sehingga menimbulkan rembesan. Air dalam dinding akan menjadi penyebab utama udara ruangan berubah lebih dingin.