5 Cara Mudah Menambal Lantai Vinyl yang Sobek, Yuk Coba!

Cara Menambal Lantai Vinyl yang Sobek

Vinyl merupakan material pelapis lantai yang sangat bermanfaat bagi suatu hunian. Fungsinya tidak hanya sekedar menjadi pelindung, namun banyak orang memanfaatkannya sebagai material yang dapat memberikan kenyamanan serta keindahan dalam suatu ruangan. Tak heran kehadiran vinyl flooring ini begitu sangat dibutuhkan bagi kebanyakan orang, khususnya rumah-rumah modern di perkotaan.

Seperti jenis pelapis lantai pada umumnya, vinyl merupakan material yang bersifat ringan dan dirancang tipis agar dapat menyesuaikan dengan kelembaban udara di suatu ruangan. Bahannya yang bersifat elastis dan cenderung tipis ini seringkali mengalami kerusakan seperti sobek ataupun tergores.

Seperti yang kita tahu, aktivitas manusia di dalam ruangan sering bersentuhan langsung dengan lantai sehingga tanpa sengaja seseorang akan membuat kualitas vinyl menjadi buruk seperti misalnya terjadi sobek.

Saat kerusakan pada vinyl flooring terjadi, sebaiknya Anda tak perlu panik dan bingung. Ada cara mudah yang bisa Anda lakukan tanpa harus melepas seluruh lapisan vinyl, Anda hanya perlu melakukan penambalan pada area tertentu yang sobek ataupun tergores. Nah, penasaran bukan bagaimana caranya? Yuk langsung saja simak ulasan hargabangunanpromo.com di bawah ini!

Cara Mudah Menambal Lantai Vinyl yang Sobek

1. Siapkan Peralatan

Peralatan Menambal Lantai Vinyl yang Sobek

Menyiapkan peralatan merupakan hal pertama yang harus Anda lakukan. Peralatan yang dibutuhkan yaitu:

  • Potongan vinyl (vinyl yang akan digunakan untuk menambal)
  •  lem vinyl
  • pisau atau cutter
  • penggaris (alat ukur)

Untuk mendapatkan peralatan tersebut, maka Anda bisa mengunjungi toko yang jual vinyl lantai. Toko vinyl biasanya akan menyediakan peralatan untuk pemasangan dengan sangat lengkap.

2. Lakukan Pembersihan Area Vinyl yang Sobek

Setelah menemukan peralatan yang tepat, maka lakukanlah pembersihan pada area vinyl yang sobek. Hal ini sangat penting untuk dilakukan agar proses pemasangan nantinya akan merekat dengan kuat. Untuk membersihkannya, Anda bisa menggunakan pisau atau cutter secara perlahan.

3. Ukur dan Potong Vinyl yang Akan Digunakan untuk Menambal

Ukur dan Potong Vinyl

Hal yang harus Anda lakukan selanjutnya yaitu mengukur potongan vinyl yang akan dijadikan tambalan. Dalam proses pengukuran, Anda membutuhkan alat ukur seperti misalnya penggaris.

Baca juga: HAL HAL PENTING HARUS ANDA TAHU SOAL LANTAI VINYL

Proses pengukuran ini harus dilakukan secara tepat dan perlahan agar tambalan vinyl memiliki ukuran yang pas. Setelah ukuran benar-benar telah ditentukan, maka potong vinyl yang akan dijadikan tambalan menggunakan pisau ataupun cutter.

4. Oleskan Lem Pada Permukaan Lantai Vinyl yang Akan Ditambal

Toko yang jual vinyl lantai biasanya akan menyediakan lem vinyl yang berkualitas, Anda pun tak perlu repot harus mencarinya. Lem vinyl merupakan jenis perekat yang memang dibuat khusus untuk pelapis lantai. Dalam proses ini, pastikan agar lem telah merata ke seluruh permukaan lantai sehingga nantinya potongan vinyl yang akan dijadikan tambalan dapat merekat dengan kuat.

5. Rekatkan Potongan Vinyl dengan Tepat dan Perlahan

Potongan Vinyl

Setelah lem dioleskan secara merata, selanjutnya Anda harus merekatkan potongan tambalan vinyl pada posisi yang tepat. Agar terlihat rapi dan tidak terlihat seperti tambalan, maka letakan potongan vinyl pada posisi yang selaras atau sejajar dengan permukaan vinyl aslinya.

Lakukan secara perlahan agar tambalan tidak terlihat. Jika sudah tepat, maka selanjutnya Anda harus sedikit menekan permukaan vinyl agar lem benar-benar merekat dengan kuat.

Nah, itu tadi penjelasan tentang cara-cara menambal vinyl dengan sangat mudah dan sederhana. Cara ini sangat penting untuk Anda yang memiliki masalah pada lantai vinyl seperti sobek ataupun tergores. Anda pun tak perlu repot harus mengganti vinyl secara keseluruhan. Bagaimana, mudah bukan??