Cari AC Hemat Listrik? Temukan Jawabannya Disini!

Sebagai penduduk Indonesia yang memiliki iklim tropis, kita pasti akan mengalami dua musim, yaitu musim kemarau dan musim penghujan. Di saat musim kemarau, suhu udara bisa sangat tinggi sehingga terasa begitu panas. Tentunya ini akan membuat kegiatan Anda terasa kurang nyaman. Apalagi pada saat cuaca tertinggi, suhu udara bisa mencapai lebih dari 30 derajat celcius! Untuk mengatasi masalah ini, Anda dapat menggunakan air conditioner untuk membuat suhu di ruangan Anda tetap rendah.

AC Hemat Listrik

Air conditioner (AC) atau penyejuk ruangan adalah solusi untuk menjaga suhu ruangan tetap rendah dan nyaman untuk Anda beraktivitas di dalam ruangan tersebut. Ada berbagai jenis AC yang dapat Anda temukan. Pastikan Anda ketahui jenis apa yang paling sesuai untuk ruangan Anda karena semuanya akan berpengaruh pada AC yang akan Anda gunakan. Seperti misalnya luas ruangan, kegunaan ruangan, hingga perkiraan banyaknya orang yang akan beraktivitas di dalamnya. Seperti misalnya ruangan ukuran 10 x 10 m yang digunakan oleh hanya satu orang akan terasa berbeda apabila digunakan oleh lima orang atau lebih. Oleh karena itu, pastikan Anda mengetahui kegunaan ruangan dengan baik.

Untuk menggunakan AC, tentunya diperlukan tenaga listrik untuk menjalankan AC. Dengan semakin tingginya biaya listrik saat ini, Anda harus berusaha untuk mengurangi pengeluaran listrik. Namun pastinya Anda tidak akan nyaman apabila tidak menggunakan AC saat cuaca sedang sangat panas. Oleh karena itu, usahakan untuk menggunakan AC yang hemat listrik!

Air Conditioner Hemat Listrik? CEK DI SINI!

Air Conditioner Hemat Listrik

Pada umumnya, kita menggunakan AC tempel dinding atau AC Split. AC ini adalah yang paling sering digunakan oleh kebanyakan orang. Biasanya AC ini ditempel pada tembok atau dinding Anda dan memiliki ventilasi pada unitnya dengan kipas angin di luar ruangan. Namun AC ini yang biasanya adalah AC standard, tidak selalu menghemat listrik, bahkan kebanyakan sangat boros. Oleh karena itu, pastikan kini perkembangan teknologi telah menciptakan AC yang lebih hemat listrik.


Baca juga: INSPIRASI GRANIT UNTUK INTERIOR ALA KOREA


Ada beberapa jenis AC hemat listrik yang tersedia yang dapat Anda pilih. Salah satunya adalah AC Low Watt. Sesuai dengan namanya, AC ini dapat bekerja dengan menggunakan hanya listrik yang lebih hemat. Namun beberapa hal tentunya tidak sama dengan AC standard pada umumnya. Seperti misalnya lama waktu yang diperlukan oleh AC untuk mendinginkan ruangan. AC jenis Low Watt akan membutuhkan waktu yang lebih lama daripada AC Standard. Hal ini karena AC Low Watt akan menggunakan tarikan listrik awal yang lebih rendah daripada AC Standard. Inilah salah satu yang membuat AC ini lebih hemat listrik.

Selain hemat listrik. Jenis AC Low Watt akan sangat cocok bagi rumah yang memiliki daya listrik yang rendah. Selain itu, cocok untuk ruangan yang tidak selalu Anda tempati, seperti misalnya ruang tamu, ruang tunggu, dan lain-lain. Karena itu, pastikan Anda harus menentukan kegunaan ruangan dengan baik, seperti yang sudah disinggung sebelumnya. Meskipun ada beberapa perbedaan dengan AC Standard, tetapi AC ini akan menghemat listrik dengan cukup drastis, yaitu sebanyak 20% hingga 30% dari AC Standard. Menarik bukan? Selain itu, harganya pun cendurung lebih murah daripada AC Standard.

Setelah Anda mengetahui beberapa kelebihan dari AC ini, apakah Anda tertarik untuk beralih ke AC yang lebih hemat listrik ini? Tentukan pilihan Anda sekarang juga!