Ini Dia 6 Bentuk Perawatan Rumah Sebelum Musim Hujan Tiba

Hargabangunanpromo.com – Indonesia mulai memasuki musim hujan pada beberapa bulan kedepan. Hampir semua orang pasti merasa bersyukur setelah melewati musim kemarau yang cukup panjang dan ekstrem.  Di sisi lain ada hal-hal yang harus kita perhatikan agar musim hujan bisa terlewati dengan baik.  Salah satunya adalah mempersiapkan kondisi rumah saat menghadapi guyuran air hujan.

Perawatan Rumah Sebelum Musim Hujan Tiba

Berhasil memiliki rumah pribadi tentu sangat membahagiakan bukan?  Sebab rumah memang tempat istirahat yang paling nyaman untuk setiap anggota keluarga.  Inilah sebabnya kita harus berupaya untuk merawat dan menjaga kondisi rumah di sepanjang musim.

6 Bentuk Perawatan Rumah Sebelum Musim Penghujan

Kondisi rumah yang nyaman tidak datang dengan sendirinya.  Sebagus apapun rumah kita, pasti tidak akan nyaman ditinggali jika tidak dirawat.  Upaya perawatan bahkan harus dilakukan sedari awal seperti misalnya dengan memasang waterproofing membrane.  Sebuah produk pelapis dinding, dak balkon, serta kolam renang.  Harga waterproofing membrane sangat sesuai sebab mampu meningkatkan keawetan struktur bangunan.

Sebelum musim penghujan benar-benar tiba, ada baiknya kita segera memesan produk ini.  kita bisa cek terlebih dahulu harga waterproofing melalui website penyedia jasa pemasangan produk pelapis ini,  Selain itu, kita juga mengerjakan 6 entuk perawatan rumah di bawah ini.

1. Memeriksa dan Memperbaiki Talang Air

Talang air merupakan bagian rumah yang berfungsi menjadi sarana sirkulasi air saat hujan turun. Nah, inilah pentingnya mengecek kondisi talang air sebelum musim penghujan. Sebab jika ternyata talang air bocor atau rusak, air hujan akan merembes ke dinding dan masuk ke dalam rumah. Jika ternyata perlu diganti dengan yang baru, pastikan material talang terbuat dari bahan berkualitas dan dibuat dengan ukuran yang tepat.

2. Perhatikan Posisi Genteng Rumah

Selain disebabkan kondisi talang yang rusak, kebocoran bisa disebabkan oleh posisi genting  yang bergeser atau berantakan.  Genteng yang bergeser bahkan bisa menyebabkan kebocoran langsung ke bagian dalam rumah.  Meskipun termasuk rumah yang baru dibangun, kita harus rutin memeriksa kondisi genteng untuk menghindari kebocoran di musim hujan.  Jika dibiarkan, kebocoran bisa menyebabkan rangka penyusun rumah yang terbuat dari kayu cepat rapuh.  Demikian juga dengan dak balkon yang tidak dilapisi dengan bahan pelapis kedap air.  Padahal harga waterproofing cukup terjangkau dan bisa dipasang dengan mudah melalui jasa pemasangan waterproofing.

3. Memastikan Sistem Ventilasi Dalam Kondisi Baik

Ventilasi Dalam Kondisi Baik

Saat musim hujan, udara dingin yang masuk melalui ventilasi dapat meningkatkan kelembaban di bagian dalam rumah.  Hawa lembab dapat mempercepat kerusakan material dinding dan furnitur.  Untuk mencegah hal ini, kita bisa menutup dahulu ventilasi saat kelembaban udara dan curah hujan tinggi.  kita juga bisa cek terlebih dahulu harga waterproofing membrane  yang berfungsi melapisi dinding agar kedap air sehingga lebih tahan lama.

4. Cek Juga Saluran Air

Masalah apa yang cukup identik dengan musim hujan?  Yap, banjir.  Banjir seringkali bukan disebabkan oleh besarnya debit air ketika hujan tiba, tetapi lebih sering karena banyaknya jumlah endapan sampah dan lumpur di dalam saluran air.  Oleh karena itu, selagi hujan belum tiba, segera bersihkan saluran air di sekitar rumah kita.

5.  Pastikan Jaringan Listrik Aman

Kabel listrik yang terkelupas atau sudah rapuh bisa menyebabkan bahaya bagi penghuni rumah.  Kondisi ini berpotensi menimbulkan korsleting dan kebakaran.  Untuk itu, jaringan listrik di bagian dalam dan luar rumah harus dipastikan aman.  Jika kita tidak mengerti caranya, sebaiknya gunakan jasa kontraktor listrik dari PLN.  Mereka akan melakukan pengecekan dan memastikan kondisi stop kontak dan seluruh kabel dalam kondisi aman.

6. Memangkas Tanaman di Pekarangan

Beberapa resiko yang akan timbul jika kondisi tanaman di pekarangan terlalu rindang adalah meningkatnya populasi nyamuk dan pohon tumbang.  Nyamuk bisa menyebarkan penyakit ke seluruh penghuni rumah.  Sedangkan pohon tumbang bisa saja mengenai bangunan rumah saat hujan muncul bersama angin kencang.  Inilah alasan mengapa kita harus merapikan dan memangkas tanaman di pekarangan sebelum musim penghujan tiba.