Ini Dia Tips Duduk Tidak Pegal Untuk Pekerja Kantoran !

Kenyamanan bekerja saat ini menjadi salah satu kunci untuk meningkatkan produktifitas kerja, salah satunya adalah dengan memberikan tempat duduk yang nyaman untuk kalian bekerja. Tidak hanya itu, posisi duduk pun harus diperhatikan, selain untuk menambah kenyamanan dalam bekerja tetapi juga berpengaruh dengan kesehatan pada tubuh kita. Lebih parahnya posisi duduk yang tidak dijaga dengan baik nantinya dapat menyebabkan kelainan tulang seperti, skoliosis, kifosis, lordosis dan yang lainnya.

Tips Duduk Tidak Pegal Untuk Pekerja Kantoran

Posisi duduk yang tidak benar juga dapat membuat kita menjadi lebih cepat pegal dan lelah, sehingga dapat mengurangi produktifitas dalam bekerja. Munculnya pegal sendiri juga, merupakan sebuah tanda bahwa kita tidak melakukan posisi duduk dengan benar. Bayangkan kalau kita harus bekerja dalam posisi duduk selama 7-8 jam dalam sehari pasti sudah pegal, apalagi kalau tidak melakukannya dengan tidak benar.

Nah, maka dari itu kita harus bisa menjaga posisi duduk kalian agar tidak cepat lelah dan pegal :

1. Posisi Duduk Tegak

Ini merupakan langkah awal untuk mendapatkan posisi duduk yang baik dan benar, pertama kita harus memperbaiki posisi duduk kita. Doronglah pinggul kalian sejauh mungkin ke lekukan kursi. Biarkan bokong menyentuh bagian sandaran kursi. biasanya kursi jenis ini disebut dengan kursi direktur atau kursi kerja ergotec.

Nah, mengapa harus mengikuti lengkukan pada kursi? Begini penjelasannya, pada dasarnya bentuk dari tulang punggung memang sedikit melengkung ke depan pada bagian pinggang, sehingga akan langsung menyesuaikan dengan anatomi tubuh manusia.

2. Perbaiki Posisi Lutut dan Bahu

Saat duduk, coba posisikan bahu agar tidak menyandar atau membungkuk. Bersandar atau membungkuk nantinya dapat membuat syaraf siatik dan otot bahu menjadi tegang sehingga dapat menyebabkan cepat pegal dan kehilangan keseimbangan.

Tidak hanya pada bahu, bagian lutut pun harus diposisikan dalam keadaan nyaman. Letakkan lutut kalian sejajar atau lebih tinggi dari pinggul. Posisi paling baik adalah saat bagian paha bawah kalian menyentuh kursi dan kaki kalian menapak di lantai. Selain itu, coba hindari posisi menyilangkan kaki, di beberapa situasi mungkin memang lebih nyaman namun jika dilakukan dalam waktu yang cukup lama itu dapat membebani tulang belakang.

3. Sesuaikan Tinggi Kursi

Sesuaikan tinggi kursi yang nantinya akan Anda gunakan dengan tinggi badan Anda atur dengan menyesuaikan tinggi kaki untuk menapak ke lantai. Pastikan lekkukan tungkai dan paha membentuk sudut 90 derajat agar beban badan tidak tertahan pada betis dan paha, sehingga dapat membuat kaki menjadi sering kebas dan pegal.

4. Bantalan Dudukan Kursi

Perhatikan juga dudukan pada kursi yang nantinya akan Anda pilih atau akan Anda gunakan. Bantalan kursi yang cocok sesuai dengan Anda tentunya dapat membuat Anda menjadi lebih rileks dan bekerja dengan maksimal, sebab hal ini nantinya akan dapat mempengaruhi kenyamanan di area pinggang dan juga bokong Anda. Posisi dudukan yang tidak sesuai biasnaya membuat bokong Anda cepat lelah atau nyeri dibagian pinggang.

5. Atur Sandaran Kursi 

Buat posisi sandaran kursi dengan sudut ideal yakni 100 derajat – 110 derajat ke belakang. Jangan buat sandaran kursi yang terlalu lurus ke depan ataupun ke belakang. Sudut yang baik akan menopang punggung kalian jauh lebih nyaman dibandingkan sandaran kursi yang terlalu lurus. Pastikan juga punggung bagian atas dan bawah ditopang dengan baik.

6. Posisikan Layar Sejajar Dengan Mata

Selain menjaga posisi duduk kita juga harus menjaga posisi gadget yang akan kita gunakan agar dapat lebih nyaman saat digunakan tetapi juga tidak membuat kita mudah pegal. Atur posisi monitor dengan tepat sehingga tidak membuat kepala kalian menjorok ke depan. Dapatkan posisi paling nyaman dan santai. Pada umumnya posisi yang baik layar komputer nantinya berada tepat di atas keyboard.

Baca juga: KELEBIHAN ATAP UPVC YANG HARUS DIKETAHUI

Usahakan untuk menaruh buku atau kertas tepat di bawah layar. Hal tersebut berguna untuk meminimalisir pergerakan tubuh khususnya leher saat bekerja.

Nah, itu dia tips yang bisa kalian gunakan untuk dapat meningkatkan produktifitas dalam bekerja dengan memperbaiki posisi duduk dan juga dengan memberikan tempat duduk yang nyaman untuk kalian dalam bekerja.

Ternyata bukan hanya harga kursi kantor ataupun fitur yang ada pada kursi yang kita ketahui. Cara duduk juga harus menjadi salah satu titik yang harus kita perhatikan agar membuat pekerjaan kita menjadi lebih produktif dan juga tidak menyebabkan masalah kesehatan di tubuh kita nantinya. Jenis kursi kerja juga harus disesuaikan dengan kebutuhan nantinya baik itu kursi kerja staff,manager, ataupun kursi kerja direktur (kursi kerja ergotec).