Mau Sesuatu yang Unik di Gedung Anda? Cobalah Taman Hidroponik

Memiliki taman sendiri di pekarangan rumah tentu sangat menyenangkan. Apalagi bagi  yang hidup di kota besar dimana tanaman hijau tidak sebanyak di daerah pedesaan, memiliki taman di rumah tentu merupakan hal yang istimewa. Bukan hanya menyegarkan suasana dan indah dipandang mata, tanaman hijau baik untuk kesehatan.

Taman Hidroponik di Perumahan Kota Besar

Bagi perumahan di kota besar, memiliki lahan lebih yang dapat diperuntukan untuk taman memang merupakan tantangan. Karena harga tanah yang relatif lebih mahal daripada di kota kecil, biasanya tidak ada cukup ruang untuk membuat taman. Kalaupun ada biasanya sangat kecil dan tidak banyak tanaman yang bisa ditanam. Padahal tanaman hijau berfungsi untuk menyediakan oksigen serta ‘menyaring’ udara yang kita hirup dari polusi udara. Baik polusi yang berasal dari asap kendaraan bermotor ataupun asap limbah pabrik yang tentunya buruk bagi kesehatan.

Taman Hidroponik adalah cara menanam yang memanfaatkan media air untuk mengisi segala nutrisi yang dibutuhkan tanaman. Jadi media tanah tidak memiliki peran penting dalam teknik Hidroponik ini. Hal-hal yang diperlukan tanaman Hidroponik selain air dan nutrisi, antara lain adalah cahaya matahari, udara  serta suhu udara yang sesuai.

Karena udara dan suhu udara merupakan hal yang penting bagi tanaman hidroponik, maka pengaturan udara terutama di bangunan besar perlu digarap khusus. Kontraktor HVAC biasanya diperlukan dalam mengatur suhu dan alur udara di gedung besar dan bertingkat seperti mall dan perkantoran. Mereka dibantu dengan ahli instalasi listrik yang berpengalaman akan mengupayakan agar alur udara serta suhunya sesuai dengan keperluan penghuni gedung. HVAC adalah singkatan dari Heating, Ventilation, and Air Conditioning. HVAC berfungsi untuk menjaga kondisi udara sekitar, dan kenyamanan orang di dalam bangunan dengan cara mengatur ventilasi udara dan pengkondisian udara.

Gedung-Gedung Baru dan Modern

Tanaman Hidroponik mulai digemari di kota-kota besar karena terkesan lebih praktis serta tidak tergantung kepada media tanah dan musim. Hanya diperlukan metode serta teknologi yang tepat maka orang-orang yang tinggal di kota besar bisa menikmati hijaunya tanaman di ruang belakang. Tidak masalah apabila tidak ada taman yang luas, kita tetap bisa mengusahakan memiliki tanaman hidroponik.

Baca juga: MANFAAT PAPARAN SINAR MATAHARI PADA RUANGAN RUMAH

Untuk Bangunan-bangunan besar yang baru dan modern seperti mall, apartemen dan hotel biasanya sangat memerlukan kontraktor dan jasa instalasi listrik yang baik. Selain biasanya bangunan-bangunan baru lebih compact bentuknya, tidak sedikit bangunan baru didirikan di lahan yang tidak terlalu luas. Oleh karenanya tanaman hidroponik yang tidak tergantung pada media tanah sangat cocok untuk bangunan-bangunan baru tersebut. Untuk menjada agar orang-orang di dalamnya merasa nyaman dan tanaman hidroponik dapat tumbuh subur, perlu pengaturan suhu serta flow udara yang baik.

Budaya Bercocok Tanam Perlu Dilestarikan

Adanya teknologi baru untuk bercocok tanam tentunya merupakan jawaban atas kebutuhan kebanyakan orang di kota besar. Kegiatan berkebun itu sebenanrnya baik untuk ditekuni sebagai hobi dan pengisi waktu luang yang positif, sehingga sebaiknya tidak ditinggalkan sekalipun Anda tinggal di rumah dengan lahan terbatas. Bahkan tinggal di apartemenpun bukan berarti Anda tidak bisa memiliki hobi berkebun. Karena apartemen biasanya menggunakan jasa kontraktor HVAC yang profesional, maka aliran dan suhu udara pasti terjamin baik. Tidak ada alasan lagi bukan, untuk tidak memiliki taman hidroponik di ruang belakang Anda?