Metode Pemasangan GlassBoard Paling Mudah

Metode Pemasangan GlassBoard Paling Mudah

Pergantian model suatu benda adalah hal yang lumrah. Kalau ada versi yang lebih baik dan terjangkau, mengapa tidak. Kini penggunaan glassboard atau papan tulis kaca sudah menggantikan papan tulis whiteboard. Sama kala ketika whiteboard menggeser pengunaan blackboard. Entah inovasi apa lagi yang akan mengantikan glassboard. Namun, untuk sekarang cukup dikenal luas populeritas papan tulis ini yang  semakin banyak digunakan.

Cara Pasang Glassboard Paling Mudah

Keunggulan glassboard yang terbuat dari kaca tempered ini tidak mudah pecah, ramah lingkungan serta tahan lama. Oleh karena itu, papan tulis ini semakin marak digunakan baik di sekolah maupun area perkantoran. Pemasangannya pun ada beberapa hal. Dari mulai membuat lubang di dinding, atau menghindari ada kerusakan pada dinding dan memutuskan menempelkanya saja. Dari semua cara pemasang yang ditawarkan berikut adalah cara yang paling mudah untuk pasang glassboard. 

1. Pengukuran

Sebelum memasang glassboard, pastikan dulu model yang dibutuhkan. Apakah anda perlu satu buah papan tulis terbuat dari kaca yang seluas satu dinding, atau membeli dua yang berukuran sedang. Lalu diukur dengan tepat dan meninggalkan sedikit ruang untuk rangka pemegang penghapus dan tintanya.

2. Putuskan Gaya Pemasangan

Cara paling mudah dan nyaman adalah menempelkan papan tanpa terlihat skrupnya dari luar. Pengaplikasian kaca secara wallcovering membuat tampilan bersih tanpa terlihat ada penyangah dari luar. Terutama dengan glassboard yangn memiliki lapisan dibelakangnya jadi tersembunyi dengan baik.

Baca juga: PAHAMI DESAIN BERPOLA GARIS UNTUK MENDUKUNG KESAN PADA SEBUAH DESAIN INTEROR

3. Siapkan Peralatan

Harga papan tulis kaca bervariasi sesuai ukuran dan material. Namun untuk kepraktisan ada juga yang jual glassboard lengkap dengan jasa pemasangan. Supaya gak ribet, anda bisa menyerahkan pemasangannya pada tenaga ahli. Namun, agar tidak mudah di bohongi perlu juga tahu peralatan dan cara pemasangannya. Alat yang digunakan termasuk Lem Sealent (Netral), Lem Aibon, Bor, Srup, Double tape, Fishcer. Cukup buat lubang dan tempel dengan perekat, sangat mudah.

4. Pasang Fishcer pada area pasang

Benda yang dapat mengunci material berbahan berat, perlu dipasang terlebih dahulu untuk memeriksa kekuatan dinding. Fischer diletakan di keempat sudut area pasang. Benda ini juga akan mendukun skrup untuk memastikan bahwa bahan yang akan direkatkan kuat dan kokoh.

5.Pasang Backing Material

Setelah Fischer terpasang, dilanjutkan dengan backing material ke dinding sebagai latar belakang papan tulis jadi tidak transparan seperti melihat kaca jendela. Biasanya bentuk backing yang memang dipasang dibelakang papan tulis ini berupa triplek atau GRC Board.

6. Menempelkan Glassboard Keatas backing material

Gunakan perekat waktu menempelkan kaca pada backing dengan Double Tape dan Sealent netral. Untuk menambah kekuatan perekat, tambahkan lem Aibon dengan cara dioleskan ke bagian belakang Double Tape.

7.Beri Penyangga Pada Kaca Papan tulis 

Langkah terakhir dan yang paling penting adalah menjaga posisi kaca Glassboard tidak bergeser atau jatuh . Pastikan menempel pada area yang semestinya dengan alat bantu berbahan kayu penyanggah dibagian bawa papan tulis.

8. Pasang Tempat Penghapus

Untuk kepraktisan, papan tulis juga butuh penghapus. Agar dapat membersihkan dengan cepat, maka pasang juga tempat penghapus dipojok kiri dari papan tulis Glassboard. 

Penggunaan Glassboard semakin meluas dan populer. Harganya variatif dan bahkan pilihan warnanya pun beragam. Namun, yang terpenting adalah pemasangan yang dilakukan dengan aman dan sesuai prosedur. Jadi, papan tulis dapat digunakan dan sekaligus terlihat lebih menarik dengan perlukaan kacanya.