Tabrak Gaya dengan Desain Interior Post-Modern Ala Anak Milenials

Sejarah ucapan kata Post-Modern sebenarnya mulai muncul pada kisaran tahun 1970-an dan terkenal hingga saat ini yang di mana merupakan istilah lain untuk mengungkapkan keadaan pada era sekarang. Diperkenalkan pertama kali oleh Jean Francois Lyotard, konsep post-mo menjadi istilah yang banyak dipakai oleh arsitektur di dunia.

Desain Interior Post-Modern

Berbicara tentang konsep post-modern, pada desain ini lebih cenderung memperlihatkan sisi maksimal pada sebuah ruang secara lebih kompleks. Gaya yang diusung oleh post-mo ini sendiri lahir akibat kejenuhan terhadap desain arstiketur modern yang dianggap kaku, terlalu mendahulukan fungsi dan efisiensi dan lain sebagainya. Sedangkan gaya yang ini lebih identik terhadap sesuatu yang lebih plural, unik, serta imajinatif.

Identik dengan kaum milenilas sekarang yang lebih menyukai sesuatu yang sifatnya unik, aneh dan bebas, maka desain interior bergaya post modern ini mulai banyak dipilih. Selama ini masyarakat Indonesia mungkin hanya mengenal konsep desain arsitektur minimalis dan modern, tapi seiring waktu konsep post-mo mulai menjadi primadona untuk ruangan yang akan mereka dekorasi.

Desain post-mo dirasa lebih cocok untuk masyarakat Indonesia, khususnya anak muda yang senang mengekspresikan dirinya dengan bebas tanpa terikat sesuatu. Nah hal tersebut sangat cocok bagi kaum milenialas yang cenderung ingin menampilkan sisi lain mereka dengan memadukan beragam warna, pola, dan sesuatu yang unik serta berbeda. Berikut ini contoh desain interior post-mo yang banyak diambil oleh anak muda, jangan lupa untuk simak artikelnya sampai habis ya.

Dikembangkan Menjadi beberapa Tren, Ini Dia Konsep Desain Interior Post Modern 

Beberapa konsep tersebut akan dijelaskan pada uraian di bawah ini:

1. Desain Memphis

Desain Memphis untuk Kamar

Lebih variatif serta unik dengan paduan warna-warna, gaya desain memphis mulai banyak dilirik oleh para arsitek dan masyarakat. Karakter dari memphis juga dapat menjadi alternatif untuk menunjukan gaya kental dari post modern. Permainan kolaborasi warna yang ada dalam memphis merupakan kombinasi yang unik dan rumit, namun memiliki ciri yang khas.

Jika Anda berniat ingin menerapkan gaya memphis pada desain post-modern di hunian, Anda dapat mencoba mencampurkan bergama warna seperti merah, hijay, biru, kuning dan ungu.  Warna tersebut dapat Anda terapkan pada beberapa furnitur seperti bangku, meja, tempat tidur, karpet sampai plafon atas ruangan. Perlu diperhatikan pada bagian plafon pilihlah pola yang dapat menyesuaikan dengan tampilan gaya memphis, serta Anda harus dapat membandingkan harga plafon gypsum murah dan berkualitas di berbagai tempat.

2. Desain Pasca Modern (Cosmo)

Desain Pasca Modern

Memadu padankan beragam dekorasi dengan gaya yang diinginkan memang susah-susah gampang. Nah jika Anda suka terhadap sesuatu yang sifatnya kreatif namun dengan aksen vintage, Anda dapat mencoba desain ini.

Desain pasca modern ini juga dapat menjadi alternatif desain post-modern. Menggabungkan ide-ide kreatif pada sebuah ruangan menjadi salah satu hal yang menyenangkan untuk dicoba. Gaya post modern, juga identik dengan hal yang berbau seni dan keunikan, sama halnya dengan konsep dari pasca modern ini sendiri.

Baca juga: JANGAN SEMBARANGAN! PERHATIKAN TIPS SEBELUM BERSIHKAN KARPET DENGAN VACUM CLEANER

Dalam mendekor, Anda dapat memasukan unsur kayu pada dinding atau furnitur untuk memberikan kesan vintage. Untuk kombinasi lainnya Anda dapat menaruh plafon gypsum pada atap dengan lampu gantung kabel  di sekitar ruangan. Bila Anda bingung untuk menentukan plafon yang cocok untuk ruangan, Anda dapat berkonsultasi pada jasa kontruksi yang jual plafon gypsum.

Bila Anda ingin membuat sebuah ruangan lebih mengarah pada post-modern pahami terlebih dahulu desain spesifik pada suatu periode tertentu. Dari situ maka Anda dapt dengan mudah mengenal karakternya dan lebih gampang untuk memadukannya. Pastikan warna-warna dan pola desain interior dari beragam funirture yang Anda gunakan dapat menonjolkan konsep desain ala post modern ya.