Tips Pemilihan Waterproofing yang Tepat Sesuai Dengan Kebutuhan

Pelapis anti bocor atau lebih dikenal dengan sebutan waterproofing, adalah bahan pelapis elastis yang biasa digunakan pada suatu permukaan untuk menahan air agar tidak bocor atau merembas. Sehingga penggunnaan waterproofing sangat tepat untuk menangani masalah tersebut pada dak beton, papan fiber semen, seng galvanis, karpet talang, serta genteng dan dinding.

Tips Pemilihan Waterproofing yang Tepat

Oleh sebab itu, Anda harus bisa memilih waterproofing yang tepat sesuai dengan kebutuhan. Sebab untuk memilih waterproofing yang tepat tidaklah mudah. Saat ini sudah banyak yang menjual dan menawarkan pilihan waterproofing beragam. Baik dari merk, jenis, hingga harga sekalipun. Hal ini dikarenakan setiap harga berbeda, seperti harga waterproofing sika dan juga harga waterproofing lainnya tentu berbeda.

Tips Pemilihan Waterproofing Tepat

Beberapa dari Anda mungkin masih bingung untuk memilih waterproofing yang tepat, karena beragamnya pilihan yang tersedia di pasaran. Untuk memudahkan Anda dalam menentukan, berikut ini terdapat tips untuk melakukan pemilihan waterproofing yang tepat sesuai dengan kebutuhan.

  • Bahan dasar yang dimiliki oleh waterproofing berbeda-beda. Sehingga mempengaruhi harga jualnya, baik harga waterproofing dak beton ataupun harga waterproofing lainnya. Jadi sebelum memilihnya, Anda harus tahu bahan dasar dari waterproofing tersebut. Ada yang cement based, akrilik, dan juga ada yang PU (polyurethane).
  • Dengan bahan dasar yang berbeda-beda, tentu saja fungsinya juga berbeda. Oleh sebab itu, Anda harus memilih waterproofing yang tepat dengan melihat area yang ingin diaplikasikan. Misalnya seperti untuk area yang akan sering digenangi air, sebaiknya menggunakan waterproofing dengan bahan dasar cement based. Sedangkan untuk area yang sering terkena paparan sinar matahari, sebaiknya menggunakan waterproofing dengan bahan dasar akrilik.

Jadi jangan sampai salah pilih waterproofing. Sebab jika tidak sesuai kebutuhan atau dipaksakan, fungsinya tidak akan bekerja secara maksimal.

Baca juga: FUNGSI PRODUK PRODUK WATERPROOFING SIKA

Macam-macam Jenis Waterproofing yang Dijual Di Pasaran

Setelah mengetahui tips untuk pemilihan waterproofing yang tepat, Anda juga perlu mengetahui tentang macam-macam jenis waterproofing yang biasa dijual di pasaran. Hal ini dimaksudkan agar Anda tidak salah dalam memilih, dan mengetahui fungsi sebenarnya dari tiap bahan dasar waterproofing yang ada. Sehingga tidak hanya melihat dari harga waterproofing dak beton saja dalam melakukan pemilihan, tetapi fungsinya juga harus dilihat agar pengaplikasiannya tepat sesuai dengan kebutuhan.

  • Waterproofing Cement, cocok untuk area yang selalu digenangi oleh air  (seperti kamar mandi, kolam renang, dan sebagainya). Penggunaannya harus dicampur dan diaduk terlebih dahulu, layaknya semen bangunan.
  • Waterproofing Polimer, memiliki sifat elastis dan tahan terhadap paparan sinar UV, serta bisa menutupi retak rambut dan juga menghambat pertumbuhan lumut dan jamur. Waterproofing Polimer memiliki varian warna yang cocok diaplikasikan pada dinding.
  • Waterproofing Aspal, biasa digunakan untuk melapisi area penampungan air dan juga talang air. Tidak hanya menghambat rembasan air, waterproofing ini juga berfungsi sebagai anti karat untuk material yang rentan terhadap karat. Pelapis jenis ini tidak bisa digunakan untuk area yang terkena paparan sinar UV, karena bisa meleleh.

Dengan mengetahui hal tersebut, Anda akan lebih mudah dalam memilih waterproofing yang tepat. Tidak hanya melihat dari harga waterproofing sika saja, tetapi fungsinya juga diperhatikan.