Wajib Tahu! Pemilihan Wallpaper Yang Aman Untuk Anak

Wallpaper merupakan salah satu interior penghias ruangan. Bisa dikatakan wallpaper sebagai pengganti cat memerankan fungsinya dengan baik, tidak hanya mempercantik ruangan, wallpaper juga mampu menutupi retakan halus yang ada di dinding.

Saat ini motif wallpaper sudah berkembang pesat seiring bertambahnya jumlah pemesananan yang naik dengan tajam, jadi tak perlu risau kesulitan menemukan orang yang jual wallpaper anak. Sebagai orang tua tentu ingin memberikan yang terbaik untuk buah hati, salah satunya dengan memasang wallpaper pada dinding. Namun bagaimana dengan material bahannya? apakah aman atau beracun?

Material Wallpaper yang Tepat untuk Kamar Anak

Harga wallpaper anak sangat bervariatif tergantung bahan baku utamanya, mulai dari puluhan ribu rupiah hingga ratusan ribu rupiah per meter persegi. Tapi jangan khawatir bukan berarti yang murah itu tidak bagus, berikut ada beberapa rekomendasi jenis wallpaper yang cocok menghiasi kamar buah hati :

Wallpaper berbahan dasar heavy duty paper

Wallpaper heavy duty sangat cocok untuk menghias dinding buah hati, sebab wallpaper jenis ini memiliki karakteristik yang tebal serta mudah dibersihkan. Jika terkena noda, anda bisa membersihkannya dengan cara mengelap permukaan menggunakan kain basah.

Beberapa di antaranya bahkan memiliki motif emboss atau timbul yang dilapisi linen sehingga motif terlihat lebih menarik. Bahannya yang tebal dan tahan air membuat wallpaper jenis ini tidak mudah sobek, sehingga resiko anak menelannya menjadi lebih kecil dari pada wallpaper dari bahan kertas biasa, anda bisa dengan mudah menemukan wallpaper jenis ini di toko yang jual wallpaper anak. 

Wallpaper dari bahan vinly

Anak-anak terkenal suka main kotor, wallpaper satu ini cocok digunakan untuk menghias kamar anak, sebab bahannya tidak mudah sobek, selain itu wallpaper jenis ini juga tidak mudah kotor, bahkan pada noda minyak sekalipun, alias anti lembab.

Baca Juga : Wajib Tahu! Pemilihan Wallpaper yang Aman untuk Anak

Apalagi wallpaper ini memiliki fleksibilitas yang tinggi sehingga sangat mudah dilekak lekuk mengikuti permukaan dinding. Harga wallpaper anak jenis ini biasanya dibanderol mulai Rp 50.000 – Rp 200.000 per m2. Untuk pemasangan biasanya wallpaper ini dipadukan dengan jenis lain seperti wallpaper kertas pada bagian dalam dan wallpaper vinly pada bagian luar.

Back to nature

Konsep wallpaper satu ini adalah dengan memanfaatkan serat alami yang ditempelkan pada dinding layaknya wallpaper. Material yang biasa dipakai diantaranya, kayu, batu, bambu, rotan, dan sebagainya. Material alam memiliki kelebihan yaitu mudah dalam perawatan serta murah meriah bahkan gratis.

Walaupun berasal dari alam justru membuat kamar terlihat lebih eksotis, serat alami yang terbentuk pada permukaan kayu, kemudian dipoles lapisan pernis sehingga terlihat mengkilap terlihat begitu tenang, serta mewah. Kelebihan lain yang anda dapat yaitu selain memperoleh ruangan yang cantik, bisa sekaligus mengajarkan anak untuk mencintai lingkungan.

Wallpaper dari bahan kain

Wallpaper dari bahan kain tergolong aman untuk anak-anak, sebab kain tidak mudah tertelan. Sayangnya bahan satu ini rawan terkena noda serta membutuhkan perawatan khusus. Jika sering terkena air kain sangat mudah jamuran, disamping itu wallpaper jenis ini lebih awet, tidak mudah sobek, dan yang paling penting memiliki banyak pilihan motif menarik.

Biasanya toko wallpaper yang jual wallpaper anak banyak menyediakan jenis kain juga, sebab tingginya jumlah permintaan pada wallpaper jenis ini. Tips agar wallpaper kain tetap awet adalah jaga kadar kelembaban ruangan serta tempatkan wallpaper pada sudut yang bebas bocor dan jarang dijangkau anak.